Ditulis pada tanggal 23 May 2022, oleh Muhammad Dailami, pada kategori News, Announcement

PENGUMUMAN

Nomor:5982/UN10.A01/PP/2022

 PENDAFTARAN

MAHASISWA PROGRAM AKSELERASI (FAST TRACK)

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

TAHUN AKADEMIK 2022/2023

I. TUJUAN

  1. Memfasilitasi mahasiswa jenjang sarjana yang unggul dibidang akademik, bidang bahasa inggris dan mempunyai motivasi tinggi untuk melanjutkan di Program Magister
  2. Meningkatkan jumlah mahasiswa unggul di Program Magister dan
  3. Meningkatkan publiksi ilmiah di UB.

 

II. KETENTUAN UMUM

  1. Akreditasi program studi sarjana dan program studi magister paling rendah B;
  2. Mahasiswa Program Fast-Trackmendapatkan NIM Program Magister setelah kelulusannya dari Program Sarjana; dan
  3. Mahasiswa S1 yang diterima Program Fast-Trackpada semester VII sudah mengambil matakuliah Program Magister semester I (satu)

 

III. BEBAN STUDI

  1. Beban studi mahasiswa Program Fast-Trackpaling sedikit 144 (seratus empat puluh empat) sks untuk program sarjana dan paling sedikit 36 (tiga puluh enam) sks untuk Program Magister.
  2. Beban studi mahasiswa Program Fast-Trackuntuk semester 1 (satu) dan semester 2 (dua) pada program magister paling sedikit 14 (empat belas) sks.

 

IV. PERSYARATAN PENERIMAAN

Mahasiswa yang mendaftar Program Fast-Track adalah mahasiswa yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. mahasiswa memiliki Status Mahasiswa Aktif di UB;
  2. sedang menempuh semester VI (enam) dan telah lulus paling sedikit 110 (seratus sepuluh) sks pada akhir semester V (lima) dengan IPK:
    • lebih dari atau sama dengan 3.50; atau
    • paling rendah sama dengan 3.25 dengan nilai Matakuliah paling rendah B (mengikuti status Eligible pada SIAM);
  3. memiliki nilai TOEFL paling rendah atau sama dengan 450 (jika ada);
  4. mendapatkan rekomendasi dari dosen bergelar doktor dengan jabatan akademik paling rendah lektor; dan
  5. mendapat persetujuan dan kesanggupan pembiayaan pendidikan dari orang tua/wali dan/atau pihak lain.

 

V. TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Mahasiswa yang memenui persyaratan dapat diunduh dan mengisi form dari Aplikasi SIAM akun masing-masing mahasiswa. Pengisian dilakukan di menu Aplikasi kemudian memilih Pendaftaran Fast Track.
  2. Mahasiswa melakukan upload form yang di perlukan:
  3. KHS semester 1 – 5 dibuat 1 (satu) file PDF;
  4. TOEFL (Jika sudah memiliki);
  5. Surat rekomendasi dosen sesuai format yang disediakan;
  6. Surat dukungan pembiayaan dari orang tua sesuai format;
  7. Surat pernyataan mahasiswa pendaftar sebagai format;
  8. Menu Pendaftaran Program Fast-Track di SIAM akan aktif sesuai waktu pendaftaran.
  9. Pemilihan Program Studi S2 dapat sebidang atau tidak sebidang sesuai Rekomendasi dan persyaratan khusus untuk Program Studi S2 yang akan diambil.

 

VI. WAKTU PENDAFTARAN

  • Waktu pendaftaran dimulai 6 Juni – 18 Juli 2022

 

VII. BIAYA STUDI PROGRAM FAST-TRACK

  • Sesuai Pertor No. 8 Tahun 2020 Tentang Biaya Pendidikan dengan Ketentuan Pada semester 1 dan 2 saat mahasiswa menempuh S2 mendapatkan potongan 50% dari Tarif seharusnya. Baru semester 3 dan 4 pembiayaan Program Fast-Trackkembali ke biaya normal. (Atau kebijakan tertentu yang diambil Fakultas).

 

VIII. SELEKSI PENERIMAAN

  1. Seleksi dilaksanakan dengan mempertimbangkan seluruh calon peserta Program Fast-Trackyang tercatat di database akademik UB.
  2. Seleksi Program Fast-Trackdilaksanakan pada masing-masing fakultas di UB sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  3. Tim seleksi dibentuk berdasarkan Keputusan Dekan.
  4. Tim seleksi paling sedikit meliputi: Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Program Studi Sarjana dan Ketua Program Studi Magister yang dituju dalam Program Fast-Track.
  5. Penilaian atas calon peserta Program Fast-Trackberdasarkan tingkat pemenuhan persyaratan sebagaimana dimaksud dalam persyaratan Penerimaan mahasiswa.

 

IX. PENGUMUMAN PENERIMAAN

  1. Mahasiswa yang diterima pada Program Fast-Trackdiumumkan di akhir semester 6 (enam).
  2. Mahasiswa yang diterima pada Program Fast-Trackwajib melakukan pengisian KRS untuk Program Sarjana dan KRS untuk Program Magister dengan persetujuan dosen Penasehat Akademik.
  3. Pengumuman penerimaan akan disampaikan pada Website: selma.ub.ac.id

 

X. UNDUH FORMULIR

  1. Formulir surat rekomendasi dosen;
  2. Formulir surat dukungan pembiayaan dari orang tua;
  3. Formulir surat pernyataan mahasiswa pendaftar.

 

XI. Lain-lain:

  1. (Ketentuan Program Fast-Track secara lengkap terdapat pada:

XII. INFORMASI DAN PENDAFTARAN: 

 

 

a.n. Rektor

Wakil Rektor I,

 

Prof. Dr.drh. Aulanni`am, DES.